Senin, 24 November 2014

PENGARUH GADGET BAGI ANAK USIA DINI


Masa kecil adalah masa yang indah untuk mengenal dunia, untuk belajar berinteraksi secara langsung dan mengalami berbagai pertumbuhan. Berbagai interaksi langsung sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak, sehingga nantinya, ia tidak mengalami kesulitan pada saat bersosialisasi dengan teman atau orang lain. Jika dari kecil manusia sudah terlalu banyak bergantung dengan gadget dan minim berinteraksi langsung, maka anak tersebut nantinya akan merasakan berbagai kendala dalam berinteraksi sosial.

Perkembangan gadget yang semakin cepat sekarang ini banyak menguntungkan. Anda dapat mengakses dunia dengan lebih mudah menggunakan gadget-gadget yang anda miliki. Anda pun bisa berkomunikasi dengan banyak orang tanpa harus melalui kesulitan seperti zaman dahulu.

Namun, gadget ini juga bisa berbahaya untuk anda, terlebih lagi untuk anak-anak yang masih muda. Perkembangan gadget, seperti yang banyak orang telah ketahui, telah merambah pada anak-anak. Anda pasti sering melihat anak-anak di sekeliling anda memiliki gadget-gadget terbaru yang bahkan anda sendiripun belum miliki. Mereka bahkan terlihat sangat terikat dengan gadget tersebut dan tidak bisa jauh terlalu lama.

Orang tua biasanya memberikan anak hadiah gadget terbaru karna dianggap menyesuaikan zaman teknologi, budaya memberikan gadget sebagai pengganti kesibukan orang tua perlu dihentikan karena akan mempengaruhi si anak kepada masalah sosial termasuk kes rogol dalam kalangan kanak-kanak dan remaja.

Orang tua harus melakukan pengawasan kepada anak dengan cara membatasi pemakaian gadget dengan memberikan waktu-waktu tertentu kepada anak untuk memainkannya, selalu mengontrol isi atau data-data didalam gadget minimal sekali dalam seminggu atau mengeceknya secara diam-diam, memberikan hukuman kepada anak apabila terbukti melakukan kesalahan dengan menyita gadgetnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar